Ketan Mangga Khas Thailand

 

 

 

 

Ketan mangga adalah hidangan penutup yang sering disajikan di resto ataupun rumah makan di Thailand. Kudapan ini dibuat dari perpaduan beras ketan yang dibumbui, kelegitan mangga, dan gurihnya santan. Tak lupa untuk melengkapi kenikmatannya, makanan yang satu ini wajib disantap bersama saus santan. Sebagaimana resep makanan khas Thailand yang lainnya, resep Ketan Mangga Khas Thailand yang satu ini tetap mendapatkan sentuhan dari kentalnya santan. Namun, saus santan yang disuguhkan bersamaan dengan camilan ini memiliki rasa yang manis dan beraroma daun pandan.
Untuk menyempurnakan rasa, beras ketan yang dipilih perlu direndam lama agar ketika dimasak menjadi empuk atau pulen. Bukan hanya beras ketan, kelapa yang digunakan untuk pembuatan saus santan ini adalah kelapa yang benar-benar tua, sehingga rasa gurih yang dihasilkan tidak setengah-setengah. Yang menjadi andalan di menu ini adalah kematangan dari mangga. Mangga yang dipilih adalah mangga yang benar-benar masak, sehingga akan Anda temukan rasa kudapan yang sempurna antara manisnya mangga, gurihnya santan kelapa, dan empuknya ketan.



   5          15        450       2
   Waktu Persiapan                        Waktu Memasak                            Kalori                                 Porsi
Bahan-bahan utama untuk pembuatan Ketan Mangga Khas Thailand:
  • Siapkan dua buah mangga bangkok yang sudah masak dari pohon dengan ukuran besar (Jika Anda tidak dapat menemukan mangga bangkok, gunakan mangga yang memiliki daging tebal dan memiliki rasa manis)
  • Dua gelas beras ketan dengan kualitas terbaik
  • Empat cup santan dari kelapa yang benar-benar tua
  • Satu lembar daun pandan
  • Garam sesuai selera
  • Wijen secukupnya
Bahan untuk saus:
  • Siapkan satu gelas santan
  • Satu sendok teh tepung maizena
  • Enam sendok makan gula pasir
  • Lima sendok air
Cara membuat Ketan Mangga Khas Thailand:
  1. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menggarap resep ketan mangga khas Thailand ini adalah dengan mencuci beras ketan hingga bersih. Lalu, rendam dengan air secukupnya selama kurang lebih dua jam. Kemudian angkat dengan saringan beras.
  2. Masak beras ketan bersama santan dan garam dengan api kecil seperti Anda memasak nasi. Anda juga dapat memasaknya dengan rice cooker.
  3. Sambil menunggu ketan matang. Siapkan bahan saus santan. Larutkan tepung maizena dengan air dan sisihkan terlebih dahulu.
  4. Panaskan gula, garam, dan santan dalam panci dan masak hingga mendidih serta tambahkan daun pandan yang telah diikat kecil.
  5. Setelah bahan saus mendidih, masukan larutan tepung maizena dan jangan lupa untuk terus mengaduknya. Setelah campuran tersebut mengental, matikan api.
  6. Angkat ketan yang juga sudah matang.
  7. Kupas dan potong-potong mangga dengan ukuran balok kecil.
  8. Tata mangga dan ketan dalam satu piring saji.
  9. Taburkan wijen di atas ketan. Usahakan taburan tersebut rapi bukan malah mengotori ketan.
  10. Sajikan ketan dengan saus santan.
  11. Anda dapat menyajikannya dengan langsung menyiramkan saus santan di atas ketan atau dengan meletakan saus santan pada mangkok tersendiri.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Beberapa Tutorial Membuat Ketan Mangga Khas Thailand Lainnya

Komentar